Senin, 13 Mei 2013

Tekan Tombol ON-mu sekarang!

Oleh : Nufi Eri Kusumawati


Alhamdulillah saya mengikuti Talkshow Keren dan Islami dari FSI Al-Biruni. TRENDI. Acara ini dihadiri oleh seorang motivator perubahan, Ustad Asep Supriatna. 

TRENDI kali ini mengambil tema, “Bukan Jalan Biasa, Inspirasi Mahasiswa Muslim Sejati”. Sebuah jalan yang memang luar biasa, yang harus kita miliki sebagai seorang mahasiswa.

 “Kalau misalnya ditanya pilih bahagia di dunia atau akhirat jawabnya apa?”
“Bahaga di akhirat…” jawab peserta talkshow serempak.
“Kalau misalnya ditanya pilih kuliah atau dakwah jawabnya apa?”
“Kuliah..”                                                  
“Kenapa gak pilih dua-duanya?”

Yup begitulah. Kebanyakan dari kita hanya memilih salah satunya. Padahal andai kita mau, kita bisa memilih dua-duanya. Jika ditanya ingin bahagia di dunia atau di akhirat, jawablah dua-duanya.. dunia dan akhirat. Bukankah lebih menyenangkan jika kita bisa bahagia di keduanya? Dalam doa yang Rasulullah ajarkan pun, kita meminta keselamatan dunia-akhirat, “Rabbanaa aatinaa fidunya hasanah, wa fil aakhiraati hasanah, wa qina aadzaabannaar..”

Banyak dari kita atau mungkin juga saya, yang sering membatasi diri, bila memilih keduanya akan menjadi berat, atau akan menjadi terbebani. ‘Maunya sih begitu..Tapi kan susah”.

Lalu, bagaimana?

Tekan Tombol ON-mu sekarang juga!

VisiON, ActiON, PassiON, CollaboratiON
(Tujuan, Tindakan, Gairah, Kolaborasi)

Kenapa Vision ?
Karena dalam hidup, seseorang harus mempunyai tujuan. Jika tidak memiliki tujuan, maka hidup akan hampa. Tidak tahu apa yang diinginkan. Ibarat seseorang yang naik taksi, jika penumpang itu tidak tahu daerah apa yang ingin dituju, maka ia tidak akan diantarkan sampai ke tempat tujuan atau malah mungkin nyasar.

Action?
Vision tidak akan terwujud jika tidak ada action. Setinggi apa pun visi itu. Misal, mau masuk surga, tapi tidak pernah melakukan amalan-amalan yang mengantarkannya ke surga. Atau malah terkadang tidak mau menaati yang Allah perintahkan.

Passion
Semangat dan bergairah ketika menjalankan visi. Jalanilah dengan senang dan ikhlas.. Jika tidak suka, cobalah untuk menyukainya. Lama kelamaan akan terbiasa suka, insyaAllah.. J

Collaboration
Berkolaborasi. Tidak mungkin kita akan sukses jika hanya berjalan sendiri. Kita butuh orang lain. “Saya bisa menjadi seorang trainer, karena berteman dengan Bapak Jamil Azzailani”, ucap Ustad Asep. Maka bertemanlah dengan orang-orang yang membuat kita makin semangat untuk mencapai tujuan hidup kita. Jika ingin menjadi hafidzah, bertemanlah dengan orang-orang yang sudah hafal Al-Qur’an. Jika ingin menjadi wirausahawan, bertemanlah dengan orang-orang yang sukses berwirausaha.

“Buat visi dunia dan akhiratmu…”
Begitu, nasihat dari pak Asep. Semoga bermanfaat..

Siap tekan tombol ON??

Tidak ada komentar: