Minggu, 20 November 2011

Bergadang boleh saja.. ??


“Tidak ada iman pada orang-orang yang tidak ada amanah dalam dirinya, dan tidak ada agama pada orang yang tidak bisa dipegang janjinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban).
***
Menjelang pukul 23:00
"...Baiklah kalo begitu semangat bergadang ukh"
"Jia..semangat bergadang juga deh ukh -_-"
"Jangan sedih ya aku ajak bergadang terus..."
"Ah msh kaku aja, aku memang sering bergadang, so don't ever worry bout that"
....
Sedikit perbincangan yang terjadi antara kami redaksi Nuraniku UNJ. BERGADANG (semakin) menjadi kebiasaan kami. Penyebabnya tidak lain adalah: DIKEJAR DEADLINE = "Garis kematian" bagi seorang jurnalis. Deadline menjadi batas waktu untuk menyetorkan tulisan dan liputan.
Ya tanggungjawab jurnalis memang harus mencari, mengumpulkan, memilih dan memilah berita yg berisi fakta ataupun sastra, dan mempunyai peran penting bagi dunia media (dakwah kampus khususnya). Sehingga mau tak mau seorang jurnalis harus patuh dan taat pada Deadline yang telah ditetapkan. Telat deadline>telat editing>telat layouting>telat percetakan>telat distribusi>telat dibaca isunya..and everythings gonna be NGARET jika jurnalisnya tidak patuh pada deadline. (bener apa bener??)
Mau tidak mau jurnalis memang harus benar-benar cerdas membagi waktu, setelah meliput harus memilih, setelah dipilih harus diramu menjadi sebuah tulisan, dan inspirasinya yang tidak datang dengan mudahnya pun memperpanjang waktu duduk di depan layar bahkan sampai ada yang mengurangi waktu tuk istirahat. Banyak cara yang dilakukan agar mata kami urung terpejam. Memaksa diri karena sebuah loyalitas dan totalitas yang tinggi (baca: melaksanakan amanah). Ya, benar tho..karna Subahanallah mereka sudah sama" tau jika amanah ini tidak dilaksanakan dengan baik maka bisa jadi kehancuran akan datang sebagaimana hadits Rasulullah SAW “Bila amanah disia-siakan, maka tunggulah kehancurannya…” (HR. Bukhari-Muslim). Hmm, serem juga ya kalo Nuraniku tinggal nama *naudzubillah, pada ngetok" meja deh
Kata bang Oma sih "Bergadang boleh saja, kala ada perlunya". Nah, bagi jurnalis" yang suka begadang nih, khususnya Nuraniku..kita simak yuk bagaimana caranya Manajemen Bergadang dengan cara mengatur Pola Tidur. Karna tidur yang tidak sehat akan mempengaruhi vitalitas dan konsentrasi kita, bahkan bisa berakibat sakit. Jadi kita harus cerdas nih mengelola waktu tidur. Karna untuk melakukan aktifitas keesokan harinya ataupun meliput lagi esok hari kita harus tetap fit toh?
Oke, langsung saja kita sama" perhatikan tips pola tidurnya.
1. Disiplin
Selalu tidur pada waktunya. Agar jam biologis tubuh kita teratur tetap bangunlah pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah sudah merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun hari libur.
2. Olah Raga Teratur
Olah raga teratur adalah obat mujarab untuk menetralisir fisik dan fikiran. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur. Jangan terlambat olah raga. Cukup lakukan sedikit olah raga ringan. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.
3. Suasana dan Doa
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidur. Usahakan sedemikian rupa begitu pagi datang, sinar matahari akan masuk ke kamar. Sebelum tidur, usahakan relaks. Tidak perlu terlalu banyak berfikir. Dan jangan lupa berwudhu dan doa sebelum tidur. Lebih baik dilengkapi dengan: surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas, ayat Kursi, lalu baca surat Al-Baqarah ayat 285-286, kemudian barulah ditutup dengan doa sebelum tidur.
4. Kualitas, Bukan Kuantitas!
Yang penting kualitas bukan kuantitas. Tak masalah jika hanya bisa tidur selama 3-5 jam saja tapi bisa merasa segar. Jika merasa sudah cukup tidur, lebih baik gunakan waktu kita untuk melaksanakan kegiatan lain.
5. Jangan Tidur dalam Keadaan Lapar atau Kekenyangan
Semaksimal mungkin kita harus bisa menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau malah kekenyangan. Hindari kacang-kacangan atau buahbuahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.
6. Kurangi Mengkonsumsi yang Tidak Sehat
Hindari zat perangsang seperti kopi juga hindari kafein dari teh, minuman cola dan coklat. Minum kopi pada malam hari biasanya akan membuat orang sulit tidur, dan ini akan merusak jam tidur kita dan akan menciptakan pola tidur yang tidak sehat.
7. Perhatikan jam piket organ tubuh kita
Tubuh kita juga memiliki piket-piket yang teratur untuk setiap organnya, Nah bagian piket jantung dan hati harus diperhatikan saat jam 23.00 – 03.00, karena pada saat tersebut saatnya organ jantung melemah dan organ hati yang bekerja dalam proses pembuangan racun/ limbah metabolisme. Bekerja atau bergadang dapat memperlemah kinerja kedua organ ini dan tentunya akan berakibat buruk pada kesehatan manusia. Maka pada jam-jam tersebut sangat dianjurkan bagi manusia atau si pemilik organ untuk beristirahat demi terjaganya kesehatan organ dan keseluruhan tubuh manusia.
Jika tubuh kita sehat, tentunya kita bisa terus melakukan aktifitas-aktifitas kita yang segudang dengan semangat yang tinggi. Besoknya ngeliput atau nulis lagi? Ga masalah.... Insya Allah.
Bukankah seorang mu'min yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah? Wallahu a'lam
SEMANGAT MENULIS!!!
.......
Pukul 00:15
"ukh, belum tidur? lagi apa?"
"lagi nyari inspirasi yang ga datang datang mbak"
.......

oleh Aisyah Elia Susanti pada 13 Juli 2011 jam 22:57

1 komentar:

ummu ayasha mengatakan...

Wah,..manfaat banget..catatan yang ini :D
Tau aja..aye suka bergadang :D
Jazakallah Nuraniku